Persamaan Blog Dengan Game Strategi

Tulisan ane kali ini bukanlah sebuah trick atau tips seperti tulisan-tulisan ane sebelumnya. Ane cuma mau membagikan pendapat ane tentang blog. Ini pendapat muncul setelah ane ngerasain mengurus blog ini. Sebelum ane membahas lebih jauh sesuai judul diatas, ane mau tanya dulu sama agan-agan sekalian. Pernah gak agan berfikir kalau nge-blog itu sama kayak bermain game strategi? Apa cuma ane yang punya pemikiran seperti itu? Oke, buat ngejelasin kenapa ane bisa berfikir kalau mengurus blog itu kayak bermain game, secara garis besar begini alasannya :
  1. Semua elemen yang dibutuhkan sebuah game strategi ada dalam blog.
    Pemainnya sudah pasti kita, karakter=blog kita, musuh=blogger lain selain kita, wasitnya=mesin pencari, Jurinya=pengunjung, yang ngasih hadiah ya iklan dong.
  2. Nge-blog membutuhkan konsentrasi.
    Sama seperti bermain game, jika kita asal-asalan ngerjainnya sudah pasti kita akan kalah. kalah dalam blog itu berarti artikel kita tidak muncul dihalaman utama mesin pencari. Kalau tidak muncul dihalaman utama mesin pencari berarti kita kalah sama blogger lain.
  3. Blog dan Game sama-sama mengincar posisi puncak.
    Dalam bermain game, ane yakin agan juga maunya jadi yang terkuat atau terbaik. Begitu juga saat nge-blog, kita juga mengincar posisi pertama di semua mesin pencari.
  4. Blog dan Game sama-sama membutuhkan alat untuk jadi pemenang.
    Dalam game kita membutuhkan alat atau item untuk membuat karakter menjadi lebih kuat. Nge-blog pun sama, kita harus pandai untuk mencari dan memanfaatkan alat yang ada untuk mendukung blog kita. Tanpa dukungan alat tersebut kita akan kesulitan buat ngembangin sebuah blog. Udah gitu kalau yang berbayar lebih manteb pula. sama persis kan kayak di game, item yang berbayar biasanya lebih joss.
  5. Dalam blog juga memakai sistem level.
    Agan gak percaya? ane buktiin nih. Blog dengan level tinggi berati memiliki artikel bermutu yang banyak dong. Udah gitu alat yang dipakai juga pastinya lengkap. Pengalaman pemainnya dalam menggunakan alat itu pun sudah pasti lebih baik daripada yang baru memulai nge-blog. Cara gampangnya bisa dibuktikan dengan Google Rank. Semakin tinggi Rank-nya berarti semakin tinggi pula level blog tersebut.
  6. Dalam blog juga ada misi dan exp point.
    Misi yang ane maksud dalam blog bukan misi ngebunuh raja atau goblin kayak di game lho ya. Misi dalam blog itu ya membuat tulisan atau artikel. Kalau dalam game, setelah menyelesaikan misi, tentu kita mendapat bonus exp dong? Dalam blog juga sama. Setelah kita selesai membuat artikel dan mempublish-nya kita juga akan mendapat tambahan pengunjung. Besar kecilnya bonus tersebut tentu tergantung dari kualitas misi atau artikel yang kita kerjakan dong.
Gimana? masuk akal to apa yang ane utarain di atas? Kayaknya segitu aja cukup buat ngebuktiin kalau nge-blog itu sama kayang nge-game. Cuma tampilan grafis-nya aja yang kurang menarik buat dimainin. Atau ada diantara agan-agan ada yang mau nambahin? Bisa di share dikolom komentar. Nanti bisa ane masukin disini kalau agan setuju.
Oke kayaknya segitu aja dulu celotehan dari ane kali ini. Salam Blogamers :v ...

Comments

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.