Cara Melihat Link Asli Dari Link Yang Menggunakan Shortener URL


Buat kalian yang suka browsing atau jalan-jalan di internet, pasti sering menemukan sebuah link yang disingkat menggunakan shortener URL atau pemendek URL seperti yang kalian temukan di blog ini. Kenapa saya menggunakan jasa penyingkat URL ini? Alasannya adalah seperti yang bisa anda baca di tulisan saya sebelumnya disini.
Yang jadi masalah sekarang adalah penyingkat URL ini sering digunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan script virus atau trojan. Mereka menggunakan penyingkat URL ini untuk menyembunyikan link asli yang mereka gunakan. Karena link yang telah diperpendek dengan penyingkat URL ini akan berubah menjadi pendek dan berbeda dari link aslinya.
Namun anda tidak perlu khawatir tentang hal itu, karena tidak semua yang menggunakan pemendek URL ini berniat jahat. Salah satu contohnya adalah saya...hahahaha...saya menggunakan pemendek URL ini cuma ingin mendapat penghasilan tambahan saja. Namanya juga usaha..boleh dong... :p Jadi kalian tidak perlu takut untuk mengakses link yang telah diperpendek di blog ini.
Selain itu sekarang juga ada cara untuk melihat link asli dibalik link yang telah diperpendek. Jika kalian menemukan link-link mencurigakan yang telah diperpendek, mungkin tidak ada salahnya menggunakan trik yang akan saya jabarkan dibawah ini.

  1. Cara melihat link asli dari shortener URL adf.ly
    Contoh jika kalian menemukan link seperti ini http://adf.ly/PgWv1 kalian bisa melihat link asli dibalik link tersebut dengan cara mengunjungi situs http://hoangmanhhiep.info . Masukan link adf.ly tersebut kedalam kotak yang disediakan kemudian klik Get Link untuk melihat link aslinya.
  2. Cara melihat link asli dari Shortener URL fb.me
    Contoh dari jasa Shortener Link ini seperti http://fb.me/FpmBr3r. Jika kalian menemukan link seperti itu, silahkan buka longurl.org. Masukan link fb.me, kemudian klink Expand untuk mengetahui link aslinya.
  3. Cara melihat link asli dari Shortener URL is.gd
    Contoh dari jasa Shortener Link seperti ini seperti http://is.gd/KSjshaj. Jika kalian menemukan link seperti itu kalian bisa membukanya dengan longurl, kemudian Expand, sama seperti cara membuka link sebelumnya.
  4. Cara melihat link asli dari Shortener URL clicky.me
    Untuk melihat link asli dari jasa Shortener Link clicky.me, kalian bisa menggunakan longurl dengan cara yang sama.
Sekian dulu tulisan dari saya...semoga bermanfaat untuk kalian semua...

Comments

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.