Cara Merekam Aktifitas Layar Android Tanpa Root

Sebenarnya jika kita mau mencari, banyak sekali aplikasi perekam tampilan layar Android yang bisa kita dapatkan di Google Play Store. Namun kebanyakan dari aplikasi-aplikasi perekam layar tersebut membutuhkan akses Root untuk dapat digunakan. Sedangkan kita tahu, tidak semua pemilik Smartphone Android melakukan Rooting pada perangkat mereka.
Lalu apakah kita jadi tidak bisa merekam aktifitas layar pada android yang belum di Root? Tenang, karena disini saya akan berbagi tentang aplikasi Android yang bisa melakukan perekaman aktifitas layar Android tanpa membutuhkan akses Root. Jadi jika Android kalian belum di Root tapi kalian ingin merekam aktifitas layar Smartphone kalian, maka kalian bisa menggunakan aplikasi ini.
Meskipun tidak membutuhkan akses Root, namun sepertinya saat ini aplikasi ini hanya bisa berjalan di OS Android versi 5.0 Lollipop keatas. Jadi jika versi Android Smartphone kalian dibawah itu, saya sarankan tidak menggunakan aplikasi ini. Jika Smartphone kalian telah memenuhi syarat yang saya maksud, berikut cara merekam aktifitas layar android tanpa Root :

  1. Download dan Instal Aplikasi AZ Screen Recorder yang akan kita pakai.
  2. Jalankan aplikasi AZ Screen Recorder, maka ditengah layar Smartphone kalian akan muncul 4 buah tombol. Tombol-tombol tersebut dari kiri kekanan masing-masing memiliki fungsi Merekam, Pengaturan, Tempat penyimpanan dan Keluar.
  3. Sebelum melakukan perekaman, sebaiknya kamu masuk menu pengaturan dahulu agar hasil rekaman dapat sesuai seperti yang kamu harapkan.
  4. Setelah selesai melakukan pengaturan, kembali ke halaman awal untuk memulai proses perekaman. Klik tombol Merekam arau Record ( Biasanya untuk pertama kali akan muncul peringatan bahwa aplikasi AZ Screen Recorder akan mulai merekam aktifitas layar. Klik Start Now untuk mulai merekam).
  5. Segala informasi tentang jalannya perekaman akan tampil pada bar notifikasi smartphone kalian.
  6. Setelah kalian selesai melakukan rekaman, klik tombol Stop. Maka akan muncul notifikasi bahwa rekaman telah berhasil. klik untuk melihatnya.
  7. Untuk melihat semua video yang pernah kalian rekam, klik Tempat Penyimpanan atau Output Directory.
Di aplikasi ini durasi video rekaman tidak dibatasi, semua tergantung dari ruang penyimpanan yang kalian pakai, semakin besar kapasitas memory kalian, maka semakin panjang pula durasi video yang bisa kalian buat. Begitulah kira-kira cara untuk merekam aktivitas layar android tanpa root. Salah dan kurangnya saya mohon maaf, bila sekiranya bermanfaat jangan lupa klik tombol berbagi ya... Terimakasih... Salam...

Comments

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.