Cara Mengatasi Oppo Joy R1001 Bootloop atau Hang

Cara Mengatasi Smartphone Oppo Joy R1001 Yang Mengalami Hang Atau Bootloop Tanpa Komputer.

Mengatasi Oppo Joy Bootloop
Pada kesempatan kali ini ane pengen berbagi cara untuk mengatasi ponsel Oppo Joy yang mengalami hang atau bootloop.
Perangkat android yang mengalami bootloop, hang atau error itu merupakan suatu yang biasa. Apalagi jika pemiliknya memiliki hobby oprek sistem smartphone mereka. Namun selama penyebab errornya masih sebatas masalah software, agan tidak perlu kawatir. Banyak cara yang bisa agan pakai untuk memulihkan kondisi perangkat smartphone android agan seperti semula.
Setiap merk dan tipe smartphone android memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengatasi masalah bootloop atau errornya. Untuk kali ini ane cuma pengen berbagi tentang cara untuk mengatasi smartphone android oppo joy r1001 yang mengalami error, hang atau bootloop. Berikut cara yang bisa agan gunakan untuk mengatasi oppo r1001 agan yang bootloop:

Melakukan Hard Reset atau Factory Reset.
Cara untuk melakukan hard reset pada perangkat oppo joy r1001 cukup mudah. Namun cara ini memang kurang ampuh jika digunakan untuk mengatasi perangkat yang mengalami bootloop, meski begitu jika bootloop yang terjadi tidak terlalu parah masih bisa diperbaiki dengan cara ini. Cara untuk melakukan hard reset pada perangkat smartphone oppo joy r1001 adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan sebelum mengalami bootloop baterai pada perangkat masih lebih dari 50% dengan asumsi kondisi baterai normal.
  2. Dalam kondisi perangkat mati, Tekan dan Tahan Tombol Power dan Vol Down secara bersamaan hingga masuk Recovery Mode (yang ditandai dengan munculnya tulisan Recovery Mode di pojok kiri bawah).
  3. Gunakan tombol Volume untuk memilih, pilih English kemudian tekan tombol Power untuk konfirmasi.
  4. Setelah muncul daftar menu recovery gunakan tombol Volume untuk memilih seperti langkah no.3 kemudian pilih wipe data and cache lalu tekan tombol Power untuk konfirmasinya dan pilih Yes.
  5. Tunggu hingga proses wipe data selesai lalu pilih Yes.
  6. Langkah terakhir pilih Reboot.
Semoga setelah proses reboot perangkat smartphone oppo joy r1001 agan sudah kembali normal. Jika langkah di atas belum bisa mengatasi masalah yang agan alami, agan bisa coba cara yang kedua, yaitu

Flashing Oppo Joy R1001.
Jika biasanya untuk melakukan flashing banyak yang merekomendasikan menggunakan SP Flash Tool yang membutuhkan bantuan komputer untuk melakukannya, disini ane akan berbagi cara melakukan flashing oppo joy r1001 tanpa komputer. Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Pertama download dulu firmware atau stock rom oppo joy r1001 disini. Karena ponsel oppo joy nya lagi bootloop atau error, bisa gunakan perangkat lain untuk mengunduhnya.
  2. Simpan firmware atau stock rom yang agan download tadi dalam SD Card agan (simpan diluar folder), kemudian pasangkan SD Card pada perangkat oppo joy agan yang bootloop.
  3. Masuk ke menu Recovery Mode dengan menekan dan menahan tombol Power dan Vol Down seperti pada cara hard reset diatas.
  4. Pilih bahasa inggris, lalu pilih wipe data and cache seperti langkah hard reset diatas.
  5. Setelah proses wipe data selesai, pilih Instal From SD lalu pilih From SD kemudian pilih firmware atau stock rom yang agan simpan tadi lalu pilih Yes.
  6. Tunggu hingga proses instalasi firmware atau stock rom oppo joy agan selesai. Biasanya setelah selesai perangkat akan melakukan reboot otomatis.
Begitulah kira-kira cara untuk mengatasi oppo joy r1001 yang mengalami error atau bootloop. Jika kedua cara diatas tidak berhasil, kemungkinan kerusakan terjadi pada perangkat hardware. Untuk mengatasinya bawa ke Service Center terdekat.
Kayaknya segitu aja tulisan dari ane kali ini. Kurang dan salahnya ane minta maaf. Semoga tulisan kali ini bermanfaat... Salam...

0 komentar

Post a Comment

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.