Cara Meningkatkan Performa Komputer Dengan Disk Write Caching

Siapa sih yang nggak jengkel jika komputer udah mulai terasa lelet bin lemot? Apalagi jika dilihat dari spek hardware seharusnya sudah mencukupi untuk bisa berjalan dengan normal. Tapi apa mau dikata, semakin sering dipakai maka performa dari komputer kita akan turun dengan sendirinya. Biasanya sih selain faktor umur hardware yang kita pakai juga dipengaruhi oleh software yang kita instal di komputer kita.
Terus bagaimana dong caranya agar komputer kita tetap fit? Tenang,sebenarnya banyak cara untuk membuat komputer kita tetap bisa bekerja secara optimal. Tapi kali ini saya cuma mau berbagi cara membuat komputer tetap optimal dalam hal menyimpan data. "Yah, kenapa cuma dalam hal menyimpan data? kenapa nggak langsung semuanya aja?". Sabar dong sob, namanya juga tips. Kalau langsung semuanya namanya reparasi dong..hehehehe... Yang namanya performa komputer kan banyak macemnya..entah itu grafis, penyimpanan, pengolahan data dll...jadi satu-satu dulu aja ya...
Langsung aja ya, Berikut cara meningkatkan performa komputer dalam menyimpan data. Bukannya tips untuk menambah kapasitas harddisk lho. Tapi tips saya kali ini adalah memanfaatkan fitur yang secara default telah disediakan oleh windows, yaitu fitur Disk Write Caching.
Apa itu Disk Write Caching? Disk Write Caching sendiri adalah fasilitas yang memberikan operasi tambahan ke dalam sistem agar mengaktifkan fitur cache ketika data dibuat. Sistem akan membuat cache ketika file akan disimpan di disk, setelah file telah benar-benar dibuat oleh sistem maka kemudian file tersebut akan dituliskan ke dalam disk, dan sistem akan memberikan informasi bahwa cache telah aman untuk dihapus. Melalui operasi semacam ini, hard disk tidak harus selalu bekerja untuk menyimpan setiap file sehingga performa hard disk selalu optimal.
Lalu bagaimana caranya mengaktifkan fitur ini? Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengaktifkan fitur ini. Berikut langkah-langkahnya :

Cara pertama.
-Buka Windows Explorer, klik kanan pada salah satu partisi harddisk, lalu pilih Properties.
-Pilih tab Hardware, dan pilih Properties.



-Pilih menu Policies, dan centang pilihan Enable disk caching on this device lalu Ok.


Cara Kedua.
- Pilih Start, lalu pada Run ketikan Device Manager.
- Pilih Disk Drive, klik kanan lalu Properties.


-Pilih menu Policies, dan centang pilihan Enable disk caching on this device lalu Ok.


Cara diatas cukup berguna jika performa komputer mulai turun dikarenakan oleh Harddisk. Selain itu kalian juga bisa menggunakan CCleaner untuk menghapus Cache dan file-file sampah yang tidak berguna di komputer kalian. Jika kalian belum memiliki CCleaner, kalian bisa mendownloadnya gratis disini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..



0 komentar

Posting Komentar

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.