Rumus Berbisnis Untuk Calon Pengusaha

Mungkin sudah banyak dari antara kita yang sudah mengetahui rumus ini, namun mungkin saja masih ada beberapa orang yang belum mengetahuinya. Rumus ini adalah rumus yang telah terbukti dapat membantu para pengusaha dalam mencapai keberhasilan mereka. Rumus tersebut adalah rumus 6W + 1H.
Berikut ini adalah penjelasan lebih jauh tentang rumus tersebut, seperti yang pernah dijelaskan oleh Masbukhin Pradana, seorang spesialis dibidang entrepreneurship:
1. WHAT
Apa model bisnis yang ingi kita kerjakan? Sebelum kita menjalankan atau mengembangkan sebuah bisnis tentunya kita harus mengenal bisnis itu secara general. Dengan mengenal sebuah bidang bisnis kita bisa menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut dengan baik.
2. WHY
Pikirkan kembali apa alasan kita dalam memilih sebuah bisnis untuk dijalankan. Apakah kita memilih menjalankan sebuah bisnis karena sesuai dengan hoby, minat, kreatifitas yang sedang ditekuni, terinspirasi dari bisnis orang lain yang sukses, atau hanya ingin mengisi waktu luang saja?
3. WHOM
Menentukan dan memahami target market untuk bisnis yang akan dijalankan. Kita juga perlu mempelajari karakter orang-orang yang menjadi target market bisnis kita agar kita dapat mempersiapkan cara pemasaran yang tepat pada mereka.
4. WHERE
Menentukan lokasi bisnis yang tepat seringkali menjadi hal yang sulit bagi seorang pebisnis. Pastikan lokasi bisnis sesuai dengan target market bisnis kita, misalnya daerah perkantoran, kampus, perumahan, dan lain-lain.
5. WHEN
Menentukan waktu operasional bisnis juga termasuk hal yang penting untuk dipersiapkan. Apakah bisnis kita akan buka 8 jam sehari selama satu minggu penuh, atau buka 24 jam selama seminggu penuh? Pertimbangkan juga untuk memperhitungkan segala persiapan bisnis Anda dan juga pengembangan bisnis itu ke depannya.
6. WHO
Tentukan orang-orang yang akan terlibat dengan Anda dalam menjalankan bisnis. Mulai dari karyawan, partner bisnis, dan orang lain yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Tentukan tugas dari masing-masing orang yang akan terlibat dalam bisnis Anda tersebut sesuai dengan kemampuan dan bidangnya masing-masing.
7. HOW
Pastikan bahwa kita memiliki strategi dan rencana dalam menjalankan bisnis. Akan lebih baik bila kita mengetahui mengetahui modal yang dibutuhkan, kualitas dan kuantitas produk yang akan kita jual.

0 komentar

Posting Komentar

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.