Cara Mengenali Kerusakan Pada Motherboard


Motherboard merupakan komponen pokok pada sebuah komputer, dasar dari sebuah komputer, dimana kita meletakkan perangkat lainnya untuk membangun sebuah komputer. Disanalah terpasang perangkat (devices) seperti prosesor, memori (RAM), hard disk, VGA card sampai mouse dan keyboard saling berhubungan pada sebuah Motherboard.
Motherboard memiliki 3 kelas, yaitu motherboard value, mainstream, dan high end. Value berarti motherboard tersebut memiliki spesifikasi dengan harga yang terjangkau, baik digunakan untuk keperluan standar, seperti administrasi. Mainstream yaitu kelas motherboard menengah, digunakan untuk home entertainment dan high end untuk gaming/server.
Begitu besarnya peranan sebuah motherboard untuk sebuah komputer maka jika terjadi kesalahan (kerusakan) pada perangkat ini, dapat dipastikan kinerja komputer tidak akan maksimal atau bahkan mati total.
Berikut beberapa gejala jika sebuah motherboard mengalami kerusakan:

  • Tidak ada gambar pada monitor ketika komputer dinyalakan (lampu LED pada monitor berkedip).
  • Lampu LED pada komputer menyala namun tidak terjadi booting.
  • Kipas power suplay dan kipas prosessor bisa berputar.
  • Tidak terdengar suara "beeb" pada saat dinyalakan
Jika komputer anda mengalami gejala-gejala diatas ada baiknya anda memeriksa kondisi dari motherboard komputer anda, caranya Lepaskan semua kabel yang terhubung dengan listrik seperti kabel power supply dan monitor. Kemudian bukalah casing CPU anda dan lepaskan kabel yang menghubungkan power supply dengan motherboard (core cable)  bawa ketempat terang dan perhatikan pada bagian Chip (IC), transistor, Elko, Bios CMOS dsb apakah terdapat tanda seperti kehitaman atau bercak keputihan? Umumnya kerusakan pada motherboard adalah terjadinya aus atau juga terbakarnya komponen-komponen kecil yang disebutkan diatas.
Untuk lebih memastikannya anda bisa mencoba dengan menggunakan motherboard lain (pinjam punya teman/ motherboard cadangan/ punya saudara) dengan type socket yang sama(tidak harus sama merknya) apakah komputer anda bisa berjalan normal atau tidak. Jika Ya berarti sudah pasti motherboard anda rusak.
Untuk memperbaikinya( jika masih bisa diperbaiki :p ) ada baiknya anda serahkan kepada ahlinya. Namun jika anda punya uang lebih, akan jauh lebih baik anda menggantinya dengan motherboard yang baru :p .
Sekian artikel Cara Mengenali Kerusakan pada Motherboard dari saya, semoga bermanfaat. 

0 komentar

Posting Komentar

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.