Posted by : sulis tyo Senin, 17 Juni 2013


Smartphone Android dapat dengan mudah kamu kostumisasi. Dengan kebebasan yang diberikannya, kamu dapat bereksperimen dengan smartphone yang satu ini. Salah satu akibat yang tidak dapat dihindari adalah terkadang smartphone Android kamu dapat mengalami masalah terkait dengan sistem. Bisa jadi tiba-tiba handphone kamu mati, atau kadang restart sendiri, kehilangan data dan bahkan beberapa fitur jadi tidak berfungsi. Kabar baiknya, ada beberapa cara untuk memperbaiki sistem Android yang rusak.
Android memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi sistem operasinya. Kalau kamu bersedia mengutak-ngatik sistem operasi Android, maka kamu dapat melakukan beberapa hal yang dapat memperbaiki gagal sistem yang mungkin terjadi.
Cara-cara ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang masih ‘newbie’ di dunia Android. Masih ada beberapa cara lain yang lebih mudah jika handphone kamu tidak mengalami masalah berat.

Safe Mode
Karena ROM Android dapat dikostumisasi, maka metode ini tidak dapat digunakan jika kamu menggunakan ROM non-standard. Nah, pertama kamu perlu melakukan pemeriksaan, apakah ROM kamu memiliki Safe Mode. Jika ada, maka thread forum yang sesuai dengan ROM kamu biasanya akan membahas cara mengaksesnya.


Sebagian besar OS memiliki ‘safe mode’ dimana sistem dijalankan tanpa menjalankan apps pihak ketiga. Dengan kata lain, software yang dijalankan hanya software standard bawaan. Kurang lebih sama seperti pada Windows Safe Mode.

Safe Mode sangat berguna jika operasi sistem kamu mengalami error atau masalah dan kamu tidak mengetahui pasti apakah hal itu disebabkan oleh system atau apps. Safe Mode juga berguna apabila device kamu mengalami masalah karena suatu apps tertentu.

Cara Boot Safe Mode Android (versi 4.1+)

  • Tekan dan tahan tombol Power di bagian samping handphone sampai muncul popup
  • Di menu yang muncul, tahan tombol Power sampai muncul popup
  • Tap OK untuk Reboot into Safe Mode
  • Nah, sekarang handphone android kamu beroperasi dalam Safe Mode.
Cara Boot Safe Mode Android (versi 4.0 ke bawah)
  • Matikan handphone android kamu
  • Saat kamu melihat logo boot screen, tahan tombol Volume + dan – secara bersamaan hingga selesai booting
  • Handphone Android kamu sekarang beroperasi dalam Safe Mode.

Factory Reset
Sebelum menjalankan Factory Reset, pastikan untuk melakukan backup data penting dari handphone. Sebagai peringatan, melakukan Factory Reset pada device dengan ROM non-standard mungkin akan menyebabkan beberapa hal yang tidak terduga. Lakukan hanya jika kamu siap dengan resikonya.


Jika handphone android kamu bermasalah dan kamu sudah mencoba berbagai cara mudah untuk memperbaikinya, maka pilihan terakhir adalah dengan menjalankan Factory Reset. Pada dasarnya, factory reset akan mengembalikan keadaan handphone kamu pada kondisi awal saat pertama kali meninggalkan pabrik. Kamu bahkan bisa menjalankan Factory Reset ketika handphone kamu mati total.

Jika handphone dalam keadaan nyala, kamu bisa menjalankan Factory reset dari dalam menu OS.

  • Buka Android Settings
  • Pilih Backup & Reset (jika menggunakan Android 2.3 ke bawah, pilih Privacy)
  • Pilih Factory Data Reset

Jika handphone android tidak bisa nyala, kamu perlu Boot Recovery Mode. Sama seperti Safe Mode, Recovery Mode merupakan booting khusus yang memungkinkan kamu menggunakan OS untuk tujuan tertentu. Secara khusus, Recovery Mode digunakan untuk mengakses sistem di bawah OS.
Sayangnya, proses Recovery Mode berbeda-beda untuk setiap device, tergantung pembuat dan tipenya. 

Di bawah adalah beberapa metode untuk mengakses Recovery Mode Android :

  • Tekan dan tahan tombol Volume +, volume – dan Power secara bersamaan
  • Tekan dan tahan tombol volume +, Home dan Power secara bersamaan
  • Tekan dan tahan tombol Home dan Power bersamaan

Jika cara di atas tidak ada yang bekerja, coba cek di buku manual kamu atau searching di Mbah Google.

Nah, setelah handphone beroperasi dalam Recovery Mode, kamu akan melihat menu yang mirip dengan tampilan command line. Gunakan tombol volume (+ dan -) untuk navigasi, arahkan ke ‘Factory Reset’ atau ‘Wipe Data’.


Restore Backup
Backup merupakan aspek penting, dimana kamu menyimpan data seperti pesan, dokumen, kontak dll. Maka sangat penting bagi kamu untuk memiliki backup data handphone android kamu sebelum terlambat.
Terdapat beberapa apps yang dapat membantu kamu dalam proses backup data :

  • Titanium Backup
  • GO Backup

Gunakan 3 metode diatas untuk menyelamatkan Android kamu. Jika mengalami masalah, jalankan Safe Mode. Apabila masih mengalami masalah, jalankan Factory Reset dan jika kamu memiliki backup data, kamu tidak akan banyak mengalami kerugian.

Nah, kalau android kamu masih bermasalah setelah melakukan metode diatas, kemungkinan besar hardware kamu yang bermasalah. Solusinya? Bawa ke service center untuk mengetahui kerusakannya.

Leave a Reply

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Tulisan Terbaru

Ikuti Blog Ini

Google+ Followers

Daftar Blog Saya

- Copyright © TRICK INI BLOG -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -