Cara Untuk Mempercepat Loading Blog

Ketika kita berperan sebagai pengunjung sebuah blog, sudah barang tentu kita akan merasa jengkel jika blog yang akan kita kunjungi loadingnya lama padahal kita tau koneksi internet kita lumayan cepat. Kalau sudah begitu sudah tentu kita akan pindah kelain hati, eh kelain blog maksud saya. Dan hal ini tentu merupakan sebuah kerugian besar buat pemilik blog tersebut.
Oleh karena itu jika kalian merupakan pemilik sebuah blog, sangat dianjurkan untuk membuat Loading Blog kalian secepat mungkin. Loading Blog disini adalah pemuatan sebuah blog ketika di akses. Jika kalian merasa akses internet kalian sudah cepat namun ketika kalian ingin membuka halaman blog kalian masih terasa berat dan lama, kemungkinan besar blog kalian memuat terlalu banyak isi yang membuat blog kalian menjadi berat saat diakses. Bisa jadi blog kalian memuat terlalu banyak widget, kode html, ataupun iklan-iklan dihalaman blog kalian.
Jika kalian ingin membuat Loading Blog kalian menjadi lebih cepat kalian bisa mengikuti tips yang akan saya uraikan dibawah ini. Berikut Cara Untuk Mempercepat Loading Blog :

  1. Pasanglah Widget sesuai dengan kebutuhan. Meski adanya Widget ini akan lebih mempercantik tampilan blog kalian, namun kenyataannya hal ini hanya akan membuat blog kalian menjadi lambat ketika diakses.
  2. Jika memungkinkan ada baiknya memasang Fungsi Scroll untuk Arsip Blog, Populer Post, atau Label/Kategori Post di blog kalian. Hal ini bertujuan agar daftar-daftar tersebut tidak terlalu memakan tempat di tampilan blog kalian.
  3. Jika kalian memasang Iklan diblog kalian, sebaiknya kalian tidak terlalu memaksakan untuk memasang banyak iklan dihalaman blog kalian. Ingat..!! segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Makan saja kalau kebanyakan bisa bikin sakit perut. Betul nggak?
  4. Persingkat tampilan halaman awal blog kalian dengan menggunakan Read More/Selengkapnya. Batasi jumlah artikel yang ditampilkan dihalaman awal blog kalian. (jangan seperti blog ini yang menampilkan 15 artikel dihalaman awal blog..hahahaha...)
  5. Compres html blog kalian. Untuk mengcompres html blog kalian caranya adalah sebagai berikut :
    - Login ke akun Blogger kalian.
    - Masuk ke Pengaturan Template.
    - Backup Template kalian dengan memilih menu Cadangkan kemudian pilih Unduh Template.
    - Setelah selesai membackup, klik edit html kemudian Copy semua kode yang ada.
    - Kunjungi situs www.htmlcompresor.
    - Paste-kan kode yang sudah kalian copy sebelumnya pada kolom Drag a File or Paste Code disitus tersebut.
    - Klik Compress maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini.
    Compress Html
    - Klik Change maka situs tersebut akan melakukan penyesuaian kode template blog kalian tanpa merusak fungsi dari kode-kode tersebut.
    - Setelah proses Compresi selesai, Download kode hasil Compresi tersebut.
    Html Compressor

    - Kembali kemenu Template kalian, klik Cadangkan dan Unggah file hasil Download kalian tadi.
Dari gambar diatas, hasil Compress-nya terlihat sedikit, hanya mendapatkan Compression Ratio 99%. Mungkin hal ini dikarenakan Template yang saya gunakan ini sudah pernah saya Compres sebelumnya (lupa ambil Screenshoot-nya). Kalau saat pertama saya mendapatkan Compression Ratio sekitar 83%. Dari yang sebelumnya sekitar 105kb menjadi sekitar 87kb setelah diCompress. Hasil yang lumayan untuk membantu mempercepat Loading Blog saya.
Sekian dulu tulisan tentang Cara Untuk Mempercepat Loading Blog dari saya. Bila ada kesalahan dan kekurangan dalam tulisan saya kali ini saya mohon untuk kalian semua bisa memaklumi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.