Cara Mengembalikan Performa iPhone 4 Yang Menggunakan iOS 7

Cara Mengembalikan Performa iPhone 4 Yang Menggunakan iOS 7
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sistem operasi terbaru Apple yaitu iOS 7 juga dapat dijalankan pada perangkat produksi Apple yang sudah lebih dulu beredar dipasaran. Begitu juga dengan iPhone 4 yang merupakan produk lama dari Apple. Meskipun iOS 7 ini mendukung perangkat lama seperti iPhone 4, namun tidak ada jaminan kalau sistem dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Kalau dilihat dari sudut pandang bisnis, sudah pasti kalau Apple merilis iOS 7 ini akan lebih diprioritaskan untuk produk terbaru mereka. Kalaupun saya dipihak Apple, tentu saya ingin kalian membeli iPhone terbaru untuk bisa merasakan sensasi menggunakan iOS 7 dengan baik dan lancar. Yaaa memang terdengar menyakitkan sih, tapi sebuah perusahaan pastinya menginginkan hasil dari jerih payah mereka membuat sistem operasi baru. Untuk itulah kali ini saya akan mencoba untuk berbagi cara untuk membuat iPhone 4 lama kalian mampu bekerja maksimal ketika menggunakan iOS 7 ini.
Berikut beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengembalikan performa iPhone 4 ketika menggunakan iOS 7 :

  • Mematikan Fitur SFX.
    Beberapa efek visual baru yang Apple perkenalkan pada iOS 7 akan membuat kinerja grafis pada perangkat iPhone lama kalian menjadi lebih berat. Karena itu mematikan fitur ini merupakan langkah yang bijak. Kalaupun kalian memaksa menginstal fitur ini, kalian tidak akan benar-benar melihat efek ini bekerja dengan maksimal.
    Kalaupun kalian telah menggunakan perangkat terbaru dari Apple seperti iPhone 4S misalnya, cara ini bisa kalian gunakan untuk menghemat masa pakai baterai perangkat kalian. Untuk itu kalian hanya perlu masuk ke menu Setting-->General-->Accessibility. Nah sampai disini kalian bisa mengatur tampilan sesuai dengan keinginan kalian, misal dengan mengaktifkan increase contrast maka akan menyingkirkan efek blur. Selain itu kalian juga bisa mengaktifkan Reduce Motion yang akan menghentikan efek paralaks pada layar Home.
  • Mengatur Kontras dan Kecerahan Layar.
    Mau percaya atau tidak, kecerahan layar merupakan ancaman nyata buat ketahanan masa pakai baterai perangkat kalian. Hanya dengan melakukan pengaturan layar pada kecerahan layar yang lebih rendah akan mampu membuat perubahan yang signifikan buat ketahanan baterai. Selain kecerahan layar, masih banyak pengaturan yang ada di menu Setting-->Brightness and Wallpaper yang bisa kalian setting untuk menghemat penggunaan daya baterai.
  • Matikan GPS Saat Tidak Diperlukan.
    Masuk kemenu Setting-->Privasy-->Location Service. Perlu diingat bahwa mematikan GPS secara total akan membatasi penggunaan aplikasi, misalnya seperti Map yang tidak akan berjalan dengan baik. Namun mematikan GPS mampu mengurangi penggunaan daya baterai secara signifikan.
  • Mematikan Aplikasi Latar Belakang Yang Tidak Digunakan.
    Masuk kemenu Setting-->General-->Background App Refresh. Disini kalian akan melihat daftar aplikasi yang membuat permintaan jaringan ketika aktif berjalan di latar belakang. Karena pada dasarnya iOS 7 dapat melakukan lebih banyak hal di latar belakang. Untuk itu kita perlu melakukan pengaturan dengan benar.
Yaaaaa..itulah beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk mengembalikan performa iPhone 4 lama kalian ketika menggunakan iOS 7. Disini saya cuma mau berbagi, andaikata dalam tulisan ini ada yang kurang atau terdapat banyak kesalahan harap dimaklumi. Namanya juga manusia bro, sebuah wadah dari yang namanya salah dan dosa. Semoga berguna dan selamat mencoba ^^

Comments

  1. sip ini min, makasih sudah share disini .. ilmunya bermanfaat sekali
    solder uap

    ReplyDelete

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.