Cara Menghubungkan Keyboard USB ke Perangkat Android


Pernahkah terpikirkan oleh kalian untuk menggunakan keyboard sungguhan pada perangkat android kalian? Dengan kemampuan perangkat android yang bisa dibilang fleksibel yang bisa untuk dipakai bekerja, terkadang kita merasa kesulitan saat ingin menulis sesuatu yang panjang diperangkat ini. Untuk itu terkadang kita merasa membutuhkan keyboard asli saat ingin menulis sebuah tulisan yang panjang seperti laporan pekerjaan misalnya.
Sebenarnya kita bisa mewejudkan keinginan itu, yaitu menggunakan keyboard asli yang biasa digunakan pada komputer untuk menulis di android kita. Lalu bagaimanakah caranya menghubungkan keyboard tersebut ke androin kita?
Syarat utamanya adalah keyboard yang bisa kita pakai adalah keyboard yang memakay USB sebagai konektornya. Kemudian kita membutuhkan sebuah alat bantu lagi yang bernama USB On The Go atau biasa disebut USB OTG.
USB OTG alias On The Go adalah kabel USB berbentuk USB port, dihubungkan dengan USB port pada sebuah smartphone atau tablet. Dengan menggunakan peripheral ini, kita bisa menghubungkan peripheral yang menggunakan USB 2.0 atau 3.0 ke perangkat Android kita. Kabel ini adalah hal terpenting yang harus kita miliki untuk menghubungkan keyboard USB ke perangkat Android. Kita bisa memperoleh kabel ini di toko-toko komputer.
Saat menghubungkan kabel USB OTG ke perangkat Android, kita akan mendapat notifikasi bahwa smartphone atau tablet Android kita telah mengenali adapter dan siap untuk digunakan sebagai host USB. Meski begitu produsen USB OTG tidak menyebutkan secara detail Android device apa saja yang kompatibel dengan adapter tersebut. Tapi tidak diragukan bahwa perangkat Android buatan Samsung menjadi produk yang paling banyak bisa kamu hubungkan dengan USB OTG.
Perlu kalian ketahui, bahwa meskipun USB host mode secara teknis ada di semua perangkat Android versi 3.1/+, fitur tersebut harus terlebih dahulu diaktifkan oleh OEM atau produsen hardware. Bahkan meski telah diaktifkan, umumnya OEM akan membatasi tipe perangkat USB yang bisa dihubungkan dengan smartphone/tablet Android yang mereka buat. Untuk itulah diperlukan Android root.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

3 Comments

  1. thanks bro for information
    http://interiordesainapartement.com/

    ReplyDelete
  2. Saya mencoba menggunakan ke android 5.1 lollipop kok hak mau konek ya?

    ReplyDelete

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.