Cara Olah Data BlackBerry melalui Browser Komputer / PC


Begitu banyak cara yang bisa Kita gunakan untuk mengolah data-data yang ada atau tersimpan di dalam HP BlackBerry Kita. Bisa dimulai dari memanfaatkan file manager bawaan, hingga dari aplikasi-aplikasi yang berasal dari pihak ketiga, Ataupun bisa juga dengan cara menghubungkan ke komputer menggunakan kabel data dalam mode mass storage.
Adapun untuk mengolah data hanya untuk sebatas memindahkan file dari satu direktori ke direktori lainnya dalam BlackBerry, menyalin / copy, menghapus serta membuat folder baru, Anda bisa hanya menggunakan BlackBerry saja tanpa bantuan komputer. Akan tetapi apabila Anda mengolah data untuk hal lain, sebagai contoh Anda akan memindahkan data dari BlackBerry Anda ke komputer atau sebaliknya, maka Anda tentunya harus menghubungkan kedua perangkat tersebut.
Apabila Anda merasakan kurang nyamannya menggunakan kabel data, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat koneksi antara BlackBerry dan komputer, yaitu dengan memanfaatkan hubungan nirkabel wifi.
Dan berikut ini, salah satu caranya :
# Pengunduhan & Instalasi FileScout,
1. Instalasi FileScout, Anda memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama FileScout. Di App World, aplikasi buatan Matthias Marquardt dari emacberry.com ini dibanderol seharga $3.99. Anda juga bisa mencoba aplikasi ini selama 14 hari secara gratis dengan memilih free trial. Tunggu hingga aplikasi selesai diunduh dan diinstal.
2. Langkah Berikutnya, Klik Yes pada tampilan awal, lalu simpan pengaturan Application Permission dengan menekan Save pada tampilan berikutnya.
3. FileScout juga merupakan salah satu BBM Connected App yang harus dihubungkan ke BlackBerry Messenger. Klik connect.
4. Perlu Anda ketahui bahwa, pada saat pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan meminta Anda untuk memilih, menggunakan versi lengkap, trial atau lite.
5. Aplikasi FileScout siap digunakan
# Instalasi Plugin,
Sebelum dapat menggunakan fungsi file manager melalui Browser di PC, Anda harus menginstal plugin secara OTA (over the air). Plugin ini tidak disertakan pada file instalasi untuk mengurangi ukuran filenya.
Adapun Caranya yaitu :
1. Tekan tombol menu, pilih Options
2. Pilih WiFi Sharing Options
3. Klik Install Plugin OTA
4. BlackBerry Anda secara otomatis akan membuka aplikasi Browser dan menuju sebuah situs untuk menginstal plugin yang dibutuhkan dari sana. Klik tulisan ” Click here to install / update your current File Scout “.
5. Klik Download, untuk menguduh file instalasi plugin.
6. Klik Yes, untuk mengizinkan instalasi.
7. Pilih Save, untuk menyimpan pengaturan Application Permission
8. Tunggu hingga plugin selesai diunduh dan terinstall secara otomatis.
# Cara Pengaturan & Penggunaannya :
1. Untuk menjalankan fungsi file manager melalui browser, pastikan BlackBerry Anda terhubung ke jaringan wifi yang sama dengan komputer Anda.
2. Jalankan aplikasi FileScout.
3. Tekan tombol menu, klik Start WiFi Server
4. Aplikasi akan menampilkan URL yang harus Anda masukkan ke alamat web browser Anda.
5. Jalankan web browser pada komputer Anda, masukkan URL yang tertampil pada layar BlackBerry ke address bar browser.
0f17271b4f2b09e0e0cb96142527351f
6. Untuk mengambil data dari BlackBerry, buka directory tempat Anda menyimpan file, klik pada file yang diinginkan, pilih tempat menyimpan file di komputer, klik Save.
Da9db8221fcc31fb89ff2c6294ded509
7. Untuk memasukkan file ke BlackBerry, buka directory yang diinginkan, pilih file yang diinginkan, klik open, kemudian klik upload.
1567372c03a907e8f4a9877bb642fe5f
E947b7121c41039f05e407832d10568c
F5e752fc259bbefe78fa7d30eb70b41d
8. Terakhir, Apabila Anda telah selesai menggunakan file manager via browser ini, langkah yang harus Anda lakukan adalah : tekan tombol menu, pilih Stop WiFi Server pada BlackBerry.
9. Anda juga dapat memilih Show Host URL untuk menampilkan kembali alamat URL yang perlu dimasukkan ke address bar browser.
Selain menggunakan browser pada komputer Anda, fungsi yang sama juga dapat dilakukan pada browser perangkat lain yang memiliki rowser dan terhubung pada jaringan yang sama dengan BlackBerry Anda.
Selamat mencoba… Dan Semoga Bermanfaat….,!!!

Comments

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.