Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Ponsel Android

Bloatware atau aplikasi bawaan android merupakan aplikasi yang sudah terinstal sejak awal pembelian. Jumlah dan jenis aplikasi yang terpasang pada setiap smartphone berbeda-beda untuk tiap merk dan type-nya. Dan yang menjadi masalah disini adalah terkadang beberapa aplikasi bawaan tersebut tidak benar-benar kita butuhkan.

Untuk pemilik smartphone premium dengan spesifikasi tinggi RAM diatas 1Gb adanya aplikasi bawaan tersebut saya rasa tidaklah terlalu mengganggu. Namun berbeda lagi jika smartphone android kalian cuma memiliki RAM dibawah 1Gb, pastinya keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut cukup mengganggu. Karena setiap aplikasi yang aktif di perangkat kalian pasti membutuhkan kerja Prosessor dan memakan memory RAM. Jadi ketika kalian memasang atau menginstal aplikasi baru yang kalian butuhkan, smartphone kalian akan terasa lemot atau kurang responsif karena memory RAM yang menipis.
Oleh karena itulah terkadang kita berfikir untuk mengurangi aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak terpakai tersebut. Namun pada kenyataannya tidak semudah menghapus aplikasi pihak ketiga, untuk menghapus aplikasi bawaan kita membutuhkan akses Root dan bantuan sebuah aplikasi. Jika smartphone kalian belum di Root dan kalian ingin melakukan Root, kalian bisa menggunakan aplikasi Flamaroot untuk melakukan Rooting. Untuk langkah-langkahnya kalian bisa ikuti ulasannya disini. (Melakukan Rooting bisa membatalkan garansi pada beberapa merk tertentu)
Kembali ketopik tentang menghapus aplikasi bawaan android. Jika smartphone kalian belum di root dan kalian tidak mau melakukan rooting, cara yang paling mudah dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan android adalah dengan menon-aktifkannya. Dengan menon-aktifkan aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut tidak akan memakan memory RAM kalian namun aplikasinya masih ada, tersimpan di memory internal smartphone kalian.
Cara menonaktifkan aplikasi bawaan adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke Pengaturan atau Setting
  • pilih menu Aplikasi atau biasa disingkat Apl.
  • Pilih aplikasi yang ingin kalian non-aktifkan lalu klik nonaktifkan.
Sekarang jika smartphone kalian sudah dalam kondisi di-root, kalian bisa melakukan penghapusan secara penuh. Jadi selain mengurangi konsumsi RAM juga akan mengurangi penggunaan memory internal smartphone kalian. Untuk melakukan penghapusan aplikasi bawaan kalian membutuhkan bantuan sebuah aplikasi. Ada banyak sekali aplikasi remover yang bisa kalian download di Google Playstore. Sebagai contoh disini saya menggunakan aplikasi yang bernama System App Remover yang bisa kalian Download disini.
Setelah kalian menginstal System App Remover dan smartphone kalian sudah di root,berikut adalah cara menghapus aplikasi bawaan pada android :
  • Buka aplikasi System App Remover.
  • Cari aplikasi bawaan android yang ingin kalian hapus lalu beri tanda centang.
    Hati-hati dalam memilih aplikasi yang ingin dihapus, jika kalian salah menghapus aplikasi system bisa menyebabkan android kalian error bahkan bootloop.
  • Kemudian klik Uninstal.
  • Setelah proses selesai lihat pada kolom Recycle Bin.

    Aplikasi yang kalian hapus tadi belum terhapus secara permanen dan masih tersimpan disitu. Bersihkan Recycle Bin untuk menghapusnya secara permanen.
Begitulah kira-kira cara untuk menghapus aplikasi bawaan android. Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat. Bila ada salah saya mohon maaf. Terimakasih...

0 komentar

Post a Comment

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.