Cara Memeriksa Kondisi Baterai iPhone Tanpa Aplikasi

Baterai merupakan salah satu elemen penting untuk semua perangkat smartphone. Tak terkecuali perangkat smartphone besutan Apple yaitu iPhone. Tanpanya tentu perangkat smartphone kalian tidak akan bisa berfungsi atau tidak dapat digunakan. Oleh karena itu alangkah baiknya kalau kalian lebih perhatian dengan kondisi baterai iPhone kalian. Apalagi jika iPhone kalian sudah menunjukan gejala kerusakan pada baterai seperti baterai yang terasa terlalu boros.
Mungkin kalian pernah berfikir kalau baterai iPhone terasa capat habis, maka sudah waktunya ganti baterai. Sebelumnya perlu kalian ketahui kalau boros tidaknya penggunaan daya baterai tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi baterai. Jika iPhone kalian terasa begitu boros baterai bisa jadi itu karena aplikasi yang kalian pasang di perangkat iPhone kalian. Apalagi jika umur dari baterai kalian tergolong masih muda (kurang dari 1 tahun). Namun jika umur baterai sudah lebih dari 3 tahun ya masuk akal kalau kinerja baterai kalian menurun atau minta ganti baru.
Untuk memeriksa apakah kondisi baterai masih layak pakai atau tidak sebenarnya mudah, apalagi jika baterai tersebut bisa dilihat atau dilepas. Namun berhubung pada perangkat iPhone baterai tertanam menjadi 1 dengan bodi, tentu itu menjadi masalah tersendiri utuk memeriksa kondisi baterai. Untuk itu kali ini saya akan berbagi cara untuk memeriksa kondisi baterai iPhone tanpa aplikasi.
Cara Memeriksa Kondisi Baterai iPhone Tanpa Aplikasi sebenarnya sangatlah mudah. Yang kalian butuhkan hanya kesabaran dan waktu luang. Kenapa kalian perlu bersabar? karena cara ini membutuhkan waktu paling tidak 4jam. Dan kenapa pula harus pas waktu luang? karena ketika menggunakan cara ini iPhone kalian tidak bisa dipakai untuk melakukan panggilan maupun surfing internet.
Jika kalian sudah siap, berikut cara memeriksa kondisi baterai iPhone tanpa aplikasi:

  1. Charger Baterai iPhone Kalian Sampai Penuh.
    Sebelum melakukan langkah pengecekan, baterai harus dalam kondisi full.
  2. Nyalakan Airplane Mode Pada Perangkat iPhone Kalian.
    Dalam mode airplane gunakan perangkat kalian secara wajar, misalnya pakai untuk membuka aplikasi yang tidak membutuhkan koneksi atau bermain game offline. Jika baterai bisa bertahan lebih dari 4jam berarti baterai iPhone kalian masih bagus atau layak pakai, Namun jika  belum ada 4jam daya baterai telah habis, maka sebaiknya kalian lakukan penggantian baterai di Service Center terdekat dikota kalian.
  3. Matikan Location Services.
    Jika dalam mode airplane baterai kalian normal, namun boros dalam mode normal, besar kemungkinan penyebab borosnya daya baterai berasal dari aplikasi yang terpasang pada perangkat kalian. Biasanya aplikasi yang secara aktif memanfaatkan Location Services akan lebih banyak mengkonsumsi daya baterai. Maka dari itu coba matikan Layanan Location Services pada perangkat iPhone kalian. Jika baterai kalian normal, dan Location Services iPhone kalian Off, seharusnya dalam pemakaian wajar daya baterai bisa bertahan lebih dari 4 jam.
Begitulah kira-kira cara untuk mengetahui kondisi baterai iPhone apakah masih layak pakai atau sudah rusak tanpa menggunakan bantuan aplikasi. Jika sekiranya tulisan kali ini bermanfaat, jangan lupa klik tombol berbagi ya...Salam...

Comments

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.