Cara Factory Reset Lenovo A7000

Cara Hard Reset atau Factory Reset Lenovo A7000. Hard reset atau factory reset bertujuan untuk mengembalikan sistem perangkat seperti saat baru keluar dari pabrik. Jadi semua data, pengaturan dan aplikasi yang tersimpan akan terhapus. Biasanya hard reset atau factory reset ini dilakukan ketika sebuah perangkat mengalami error atau hang. Namun ada juga yang menggunakan cara ini untuk membersihkan semua data yang tersimpan pada perangkat ketika ingin menjual perangkat tersebut. Untuk melakukan hard reset pada smartphone lenovo a7000 ada dua cara yaitu :

Hard Reset Lenovo A7000 Lewat Menu Pengaturan.
Hard reset atau factory reset lewat menu pengaturan dipakai ketika perangkat dalam kondisi normal, namun kita memang sengaja ingin melakukan hard reset untuk menghapus semua data dan pengaturan yang ada. Cara ini biasanya dipakai oleh mereka yang ingin menjual perangkat smartphone lenovo a7000 mereka. Cara hard reset atau factory reset via pengaturan adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke Menu Pengaturan atau Setting.
  2. Scroll kebawah kemudian pilih Buat Cadangan & Setel Ulang (Backup & reset).
    Hard Reset Lenovo A7000
  3. Scroll lagi sampai mentok lalu pilih Kembalikan ke setelan pabrik (Factory data reset)
    Kembali ke Pengaturan Pabrik
  4. Tap pada pilihan Setel ulang telepon (Reset phone), lalu Hapus semua (Erase everything).
    Factory Reset Lenovo A7000
  5. Perangkat akan melakukan reboot otomatis, tunggu hingga proses reboot selesai.
Hard Reset atau Factory Reset Lewat Recovery.
Hard reset atau factory reset lewat recovery ini biasanya dipakai dengan terpaksa yang biasanya dikarenakan perangkat mengalami hang atau bootloop. Kenapa terpaksa? Ya karena memang sebenarnya kita tidak ingin melakukan hard reset, namun perangkat tidak bisa berjalan dengan normal sehingga mau tidak mau harus di hard reset. Cara untuk melakukan hard reset atau factory reset via recovery adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan daya baterai cukup sampai proses hard reset atau factory reset selesai. Kondisi baterai normal min 30%.
  2. Dalam kondisi perangkat mati atau Off, Tekan dan Tahan tombol sVolume Up, Volume Down dan Power secara bersamaan hingga perangkat bergetar dan muncul logo lenovo lalu lepaskan tombol.
    Hard Reset Lenovo A7000
  3. Setelah berhasil masuk ke Mode Lenovo Recovery, pilih bahasa inggris yang lebih mudah (pake bahasa yang lain juga boleh kalau bisa).
  4. Pada dasarnya kita bisa menggunakan touch pada Mode Lenovo Recovery, tapi untuk meminimalisir terjadinya typo (salah sentuh) gunakan tombol Volume (Up/Down) untuk navigasi dan tombol Power untuk konfirmasinya.
  5. Pilih Clean data dilanjutkan dengan Fuse wipe data lalu Yes.
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai yang ditandai dengan kalimat System clean success.
  7. Kemudian pilih Back yang dilanjutkan dengan tap tombol kembali yang ada di sebelah kanan bawah layar.
  8. Pilih Reboot dan tunggu hingga proses reboot selesai.
Proses reboot pada saat melakukan hard reset memang relatif lama, bisa sampai 15 sampai 20 menitan. Begitulah kira-kira cara untuk melakukan hard reset atau factory reset atau biasa disebut juga restore pada perangkat android lenovo a7000. Sepertinya segitu dulu tulisan dari ane kali ini. Kurang dan salahnya ane mohon maaf. Semoga tulisan kali ini dapat berguna buat kita semua... Salam...

2 komentar:

  1. Saya suda coba klik tombol volume up ./ down dan power tp kenapa tidak bisa yah

    BalasHapus

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.