Mengatasi Android Tidak Ada Sinyal


Setelah sebelumnya ane berbagi Cara Flash Asus ZenFone 5, kali ini ane akan membagikan Tips Mengatasi Android Yang Tidak Ada Atau Tidak Mendapat Sinyal. Banyak sekali pengguna android yang mengeluhkan kalau smartphone android tiba-tiba tidak mendapatkan sinyal/signal. Diluar dari masalah atau trouble yang berkaitan dengan operator yang digunakan, seringkali kasus yang terjadi adalah akibat dari kesalahan dari pemakainya sendiri.
Agan tentunya sudah tau dong, kalau dinegara tercinta kita ini memiliki beberapa type frekuensi jaringan seluler. Dan masalahnya tidak semua type sudah tersebar merata disemua daerah. Begitu juga dengan smartphone android, tidak semua android mendukung jaringan yang tersedia di daerah tersebut. Dengan kata lain gak cocok ya gak nyambung. Disitulah pentingnya fungsi setting atau pengaturan jaringan di smartphone android yang tidak semua pemakai pahami.
Berikut beberapa tips yang ane tau untuk mengatasi masalah smartphone amdroid yang tidak mendapat sinyal atau jatingan:

  1. Pastikan Perangkat Tidak Sedang Dalam Mode Air Plane.
    Karena ketika dalam mode ini dapat dipastikan perangkat tidak akan mendapat jaringan.
  2. Setting Penerimaan Jaringan Pada Perangkat.
    Seperti yang udah ane jelasin pada uraian diatas, dinegara tercinta kita ada beberapa mode jaringan yaitu 2G (GSM/EDGE), 3G (WCDMA), 3,5G (HSDPA/HSUPA) dan 4G (LTE). Tidak semua daerah mendapatkan semua type jaringan tersebut, dan tidak semua ponsel mendukung semua jaringan tersebut, jadi kita perlu menyesuaikan settingan agar ponsel mendapatkan jaringan yang tersedia didaerah tersebut. Untuk mengaturnya cukup masuk ke menu Settings>Wireless&Networks>Mobile Networks>Network Mode>Pilih jaringan yang tersedia. Namun yang jadi masalah tidak semua type ponsel tersedia menu pengaturan ini. Jika tidak ada ya terpaksa menggunakan cara lain.
  3. Periksa Kartu SIM dan Penempatannya.
    Terkadang konektor SIM yang sudah aus juga berpengaruh terhadap penerimaan sinyal. Coba dibersihkan dengan penghapus. Selain konektor penempatan kartu juga bisa berpengaruh. Apalagi kebanyakan Smartphone sekarang memiliki ukuran kartu SIM yang berbeda-beda, sehingga pengguna memotong sendiri kartu SIM mereka secara manual atau menggunakan alat. Namun biasanya hasil potongan tidak rapi atau miring, sehingga memperbesar kemungkinan pemasangan pada smartphone jadi tidak pas atau meleset. Dan konektor tidak terhubung sempurna.
  4. Hard Reset atau Factory Reset Smartphone. Sebelum menggunakan cara ini sebaiknya Back Up dulu data dan di smartphone agan. Karena cara ini mengembalikan setingan kembali seperti saat keluar dari pabrik, sehingga semua data akan hilang.
Jika semua tips diatas sudah agan lakukan namun smartphone agan belum juga mendapatkan sinyal atau jaringan, berarti besar kemungkinan kerusakan ada dibagian Hardware terutama dibagian antena. Hal ini biasanya dikarenakan ponsel sering terjatuh atau terbentur benda keras.
Begitulah kira-kira tips mengatasi smartphone android yang tidak mendapatkan sinyal atau jaringan. Segitu dulu tips dari ane kali ini. Kurang dan salahnya ane minta maaf, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.. Salam..


Comments

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.