Cara Flash Asus Zenfone 5

Cara Flash Asus Zenfone 5
Setelah sebelumnya ane berbagi tentang Cara Root Asus ZenFone 2 Laser, kali ini ane akan berbagi tentang Cara Flash Asus ZenFone 5. Melakukan Flash pada perangkat android biasanya merupakan solusi terakhir dalam upaya untuk memperbaiki Smartphone Android yang sedang rewel. Rewel yang ane maksud disini adalah karena adanya masalah software. Biasanya sih yang paling sering berhubungan dengan RAM yang menyebabkan smartphone bermasalah seperti Bootloop, Hang, sampai yang paling parah adalah Mati total.
Namun agan gak perlu kawatir, selama masalah yang terjadi masih seputar software, itu masih bisa di usahakan sendiri. Namun bila masalah yang terjadi dikarenakan kerusakan Hardware, seperti Short Circuit, ada komponen yang terbakar atau aus karena pemakaian, tentu langkah yang paling bijak ya dibawa ke ahlinya dong, yaitu service center.
Sekarang ane mau langsung aja jelasin gimana caranya Flash Asus ZenFone 5. Agan tentu sudah tau dong resiko kalau mau mengunakan langkah ini. Salah satunya adalah kehilangan semua data yang tersimpan di memory internal smartphone agan, dalam hal ini internalnya Asus ZenFone 5. Oke, jika agan udah siap dengan resikonya, sebelum melakukan flash Asus ZenFone 5 agan, siapin dulu nih alat tempurnya :

Jika semua alat tempur agan udah komplit, sekarang tinggal langkah-langkah cara untuk Flash Asus ZenFone 5 nya adalah sebagai berikut :
  1. Instal dulu USB Driver Android yang udah agan download tadi ke Komputer atau Laptop agan.
  2. Matikan Asus ZenFone 5 agan jika kondisinya masih hidup.
  3. Masuk ke mode Fastboot dengan cara Tekan dan Tahan Tombol Power dan Volume Up secara bersamaan pada Zenfone 5 agan.
  4. Setelah masuk mode Fastboot, pilih menu Recovery, Pakai tombol Volume Up atau Down untuk memilih dan tombol Power untuk Enter atau Masuk.
  5. Setelah muncul gambar Android dengan tulisan No Command, tekan dan tahan tombol Volume Down dahulu lalu disusul Volume Up (hanya menekan sebentar lalu lepas kembali) dengan tetap menahan tombol Volume Down.
  6. Jika agan sukses melakukan langkah no 5, maka Zenfone 5 agan akan masuk ke mode Android System Recovery yang ditandai dengan munculnya beberapa opsi seperti reboot system now, apply update from adb, dan wipe cache.
  7. Sekarang hubungkan Zenfone agan ke Komputer atau Laptop agan dengan kabel data USB.
  8. Langkah selanjutnya pilih apply update from adb pada obsi langkah no 6 tadi. Jika berhasil maka pada komputer atau Laptop agan akan muncul notifikasi bahwa Android ADB telah terhubung dengan Komputer atau Laptop agan.
  9. Ekstract file ADB Fastboot Tool yang telah agan download tadi kemudian buka command prompt dari Komputer atau Laptop agan.
  10. Pada command prompt masukan perintah cd[spasi]nama_folder_ADB_agan untuk masuk ke folder ADB Fastboot Tool.
  11. Setelah command prompt berhasil masuk ke folder ADB Fastboot Tool, selanjutnya masukkan perintah adb[spasi]devices 
    Jika Zenfone 5 agan benar-benar terhubung dengan Komputer atau Laptop melalui ADB maka akan muncul list device di command prompt.
  12. Jika langkah 11 sukses, lanjutkan dengan perintah adb[spasi]sideload[spasi]nama_file_firmware di command prompt untuk memulai proses flashing dan tunggu hingga proses selesai 100%.
  13. Setelah proses selesai, sekarang perhatikan Zenfone 5 agan, disitu nanti akan terlihat proses instalasi firmware. Jika proses instalasi firmware selesai tanpa ada error, maka akan langsung masuk ke mode Android System Recovery kemudian pilih opsi Reboot System Now.
  14. Setelah proses reboot selesai selamat Asus Zenfone 5 agan kembali seperti baru. Yang baru Software nya lho gan bukan Hardwarenya.
Begitulah kira-kira Cara Flash Asus Zenfone 5 yang ane tau. Jika sekiranya ada kekurangan ane mohon maaf ya gan. Dan kalau bermanfaat, jangan sungkan buat nekan tombol berbagi atau +1 nya. Salam...

Artikel Terkait

Cara Flash Asus Zenfone 5
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.