Cara Mengetahui kapasitas Flashdisk Sesungguhnya

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Flasdisk. Flasdisk merupakan salah satu media penyimpanan portabel yang populer. Karena selain ukurannya yang terbilang kecil, juga memiliki kapasitas yang lumayan besar. Cukuplah kalau hanya untuk menyimpan file-file penting.
Sekarang ini Flasdisk tersedia di pasarang dengan berbagai kapasitas dan merk. Yang perlu kalian perhatikan adalah setiap kapasitas berbanding lurus dengan harganya. Jadi kalian perlu berhati-hati bila mendapatkan Flashdisk berkapasitas besar namun dengan harga murah. Apalagi kalau Flashdisk tersebut memiliki label merk terkenal.
Untuk kalian yang teliti, Flashdisk Original dan palsu dapan dibedakan dari ciri-ciri fisiknya. Namun ciri-ciri fisik untuk membedakan Flashdisk original/asli dengan yang palsu bisa kalian tanyakan kepada mbah Google karena tidak akan kita bahas disini. Dalam tulisan saya kali ini saya hanya ingin berbagi cara untuk mengetahui kapasitas Flashdisk yang sebenarnya dari Flashdisk berkapasitas besar yang kalian beli dengan harga murah.
Salah satu cara mengetahui kapasitas asli dari Flashdisk palsu adalah dengan menggunakan tool yang bernama H2testw. Cara kerja tool ini adalah dengan melakukan proses tulis dan baca pada Flashdisk kalian kemudian memverifikasinya hingga diketahui kapasitas memory fisik yang tersedia di Flashdisk kalian. Tool ini tidak perlu kalian instal, setelah kalian download cukup kalian ekstract file zip nya lalu jalankan tool H2testw nya untuk digunakan.
Adapun langkah-langkah menggunakan H2testw untuk mengetahui kapasitas Flasdisk sesungguhnya adalah sebagai berikut :
  1. Hubungkan Flashdisk kalian dengan komputer atau Laptop.
  2. Jalankan tool H2testw nya.
    Jika belum punya, bisa kalian Download disini (ukurannya kecil sekitar 214Kb) kemudian ekstract dengan menggunakan aplikasi winzip, winrar, 7zip atau yang lainnya, lalu jalankan.
  3. Pilih bahasa ( English ).
  4. Klik Select Target.
  5. Pilih Flashdisk yang akan kalian test kemudian klik OK.
  6. Setelah itu klik Write+Verify.
  7. Tunggu hingga proses selesai, lamanya proses tergantung dari kecepatan baca, tulis dan juga kapasitas Flashdisk kalian.
  8. Setelah proses selesai maka kalian akan mengetahui kapasitas asli dari Flashdisk kalian.
Begitulah kira-kira cara untuk mengetahui kapasitas sesungguhnya dari Flashdisk palsu. Dengan mengetahui kapasitas fisik dari flashdisk kalian, maka kalian bisa mengira-ngira berapa batas aman dari penggunaan penyimpanan Flashdisk kalian. Tentunya batas aman penyimpanan adalah dibawah kapasitas asli dari flashdisk kalian. karena jika diatas itu besar kemungkinan data-data kalian akan rusak atau corupt.
Jika sekiranya tulisan kali ini bermanfaat jangan lupa klik tombol berbagi ya.. Terimakasih atas kunjungannya... 

Artikel Terkait

Cara Mengetahui kapasitas Flashdisk Sesungguhnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.