Cara Melakukan BackUp Blog Wordpress dan Blogspot

Backup Data Blog
Kalian tentu sudah sering bukan mendengar kata-kata Backup? Jika kalian merupakan pengguna smartphone pasti akan lebih tahu apa itu Backup. Karena setiap kali kalian melakukan Update software dipastikan kalian akan mendapatkan saran untuk melakukan Backup terlebih dahulu.
Namun kali ini saya tidak sedang membahas tentang smartphone, melainkan sebuah trick untuk menjaga keamanan data sebuah blog. Sama seperti pada sebuah smartphone, backup disini juga bertujuan untuk menjaga data postingan jika suatu saat terjadi masalah pada server yang kalian gunakan. Jadi kalaupun suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, kalian tidak akan kehilangan data postingan kalian karena kalian telah memiliki cadangannya.
Lalu bagaimanakah cara untuk melakukan backup blog? Berikut Cara Untuk Melakukan Backup Blog Wordpress dan Blogspot :

1. Cara Backup Blog Wordpress.
  • Login ke akun wordpress kalian.
  • Masuk kehalaman Blog Saya (My Blog's) dilanjutkan ke Dasbor.
  • Setelah masuk Dasbor klik Perkakas (Setting) dilanjutkan klik Export.
  • Langkah terakhir klik Download Export File.
2. Cara Backup Blog Blogspot.
  • Login ke akun Bogger kalian.
  • Masuk kehalaman blog kalian.
  • Klik Setelan dilanjutkan klik Lainnya.
  • Pada menu Alat Blog klik Export kemudian dilanjutkan klik Unduh Blog.
Simpan file hasil download kalian ditempat yang mudah kalian ingat. Alangkah baiknya dibuatkan folder khusus. Jadi jika suatu saat kalian membutuhkan file tersebut kalian tinggal melakukan Import data kalian ke blog masing-masing. Disarankan melakukan backup secara berkala. Begitulah kira-kira cara untuk melakukan Backup Blog Wordpress dan Blogspot. Selamat mencoba dan semoga berguna...

Comments

  1. Terima kasih kunjungannya. diberitahukan bahwa http://wikismartphone.blogspot.com sudah menjelaskan tentang masalah anda. terima kasih

    ReplyDelete

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.