Cara Melacak Android Yang Hilang

Pernahkah kalian kehilangan perangkat smartphone Android kalian? Entah itu karena dicuri, jatuh atau cuma karena lupa menaruhnya? Jika jawabannya belum pernah sih Alhamdulillah, tapi kalau sudah pernah mungkin kalian perlu tahu tentang trik satu ini.
Perlu kalian ketahui, setiap teknologi yang dikembangkan tujuannya adalah untuk mempermudah para penggunanya. Mungkin memang sulit pada awalnya, namun jika sudah terbiasa tentu segalanya pun menjadi mudah. Tak terkecuali juga dengan perangkat Android.
Kali ini saya akan mencoba berbagi tentang cara penggunaan salah satu fitur yang tersedia di perangkat Android. Salah satu fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengendalikan dan melacak perangkat Android kalian dari jarak jauh. Mungkin saja ada diantara kalian yang berminat untuk menggunakannya untuk berjaga-jaga jika suatu saat kehilangan perangkat Android kalian. Maka kalian bisa menggunakannya untuk melacak lokasi perangkat Android kalian.
Jika kalian berminat menggunakannya, kalian hanya membutuhkan sebuah komputer yang terhubung dengan internet. Dan tentu saja sebuah perangkat Android. Jika keduanya sudah tersedia berikut saya jelaskan langkah-langkahnya.
Berikut Cara Untuk Melacak Android Yang Hilang :

  1. Pastikan kalian sudah Sign in di Android kalian dengan menggunakan akun Google yang masih aktif dan dapat melakukan login kembali. Dengan kata lain Android kalian telah terhubung dengan akun Google kalian. Tanpa itu tentu saja cara ini tidak dapat digunakan.
  2. Aktifkan Android Device Manager.
    Cari icon Google Setting di menu aplikasi Android kalian. Buka maka kalian akan mendapatkan tampilan yang mirip-mirip dengan gambar dibawah. Klik pada Android Device Manager (biasanya terletak dibagian paling bawah), kemudian centang  Allow Remote Lock and Factory Reset seperti gambar dibawah.
    Google Setting
  3. Buka situs www.google.com/android/devicemanager dikomputer kalian.
    Login menggunakan akun Google kalian yang kalian gunakan di Android kalian.
  4. Jika kalian menemukan pesan Popup dengan tulisan Allow Android Device Manager to use location data? klik Accept. Jika tidak muncul pesan Popup kalian bisa langsung lanjut kelangkah berikutnya.
  5. Setelah Login maka kalian akan mendapatkan pesan sambutan dari Google seperti pada gambar dibawah ini. Klik Accept atau Terima.
    Pengelola Perangkat Android
  6. Untuk melacak keberadaan Android kalian klik Icon GPS di pojok kanan atas Popup.
    Jika kalian lupa mengaktifkan GPS maka cara ini tidak akan bekerja. Namun kalian masih dapat mengakalinya dengan melakukan reset pada perangkat Android kalian dengan meng-klik Hapus pada Popup. Dengan begitu maka GPS akan aktif kembali sesuai dengan Pengaturan Awal.
    Melacak lokasi Perangkat Android
  7. Jika langkah-langkah yang kalian lakukan berhasil maka akan muncul informasi dan peta letak dimana Android kalian berada seperti gambar dibawah ini.
    Lokasi Perangkat Android
Selain untuk melacak lokasi keberadaan perangkat Android kalian, kalian juga bisa menggunakan cara ini untuk mengunci perangkat android kalian dengan Password. Atau jika kalian merasa perangkat kalian masih berada disekitar kalian dalam mode silent (senyap) kalian bisa juga menggunakan cara ini untuk membuat perangkat Android kalian Berdering dengan volume max selama 5 menit.
Begitulah kira-kira Cara Untuk Melacak Android Yang Hilang. Bila ada kesalahan atau kekurangan saya dalam penulisan artikel ini, saya mohon maaf. Selamat mencoba dan semoga berhasil...

3 komentar:

  1. maksudnya akurat sampai 44 meter itu apa ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu maksudnya lokasi ponsel berada sekitar radius 44m dari titik lokasi yang diperlihatkan di peta gan, terimakasih dah mau mampir..

      Delete
  2. apa hp yg hilangnya harus koneksi internet trus ? bgaimana kalau ofline

    ReplyDelete

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.