Cara Menyimpan Data/Back Up Menggunakan Google Drive Android


Google..Google..Goole..Siapa sih yang nggak kenal sama Google? Tiap hari pasti ada yang membutuhkan bantuan dari mesin pencari terbesar di internet ini. Sampai-sampai saya sendiri merasakan ketergantungan sama si Mbah Google ini.
Selain dalam hal pencarian, sebenarnya Google juga menawarkan banyak sekali layanan kepada kita. Dan semakin hari si Mbah Google ini selalu saja mengembangkan sesuatu yang baru. Salah satunya adalah yang akan kita bahas kali ini yaitu Google Drive pada Android.
Apa itu Google Drive? Google Drive adalah salah satu layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk menyimpan data di awan atau yang biasa disebut dengan cloud storage layaknya Dropbrox, Box.net, dan sebagainya yang telah hadir terlebih dahulu. Sebenarnya pihak Google sudah menawarkan layanan serupa sebelumnya yang bernama GDocs, hanya saja layanan itu lebih dianggap sebagai penyimpanan dokumen, bukan layanan penyimpanan berbasis cloud.
Sekarang Google Drive juga hadir dalam bentuk aplikasi untuk perangkat Android. Tentunya untuk memudahkan kita sebagai pemakai Android agar lebih mudah untuk mengakses layanan dari Google ini. Dengan menggunakan Google Drive, kita bisa menyelematkan banyak data yang kita miliki disaat yang tidak terduga, seperti pada saat perangkat Android kita rusak atau hilang misalnya. Nantinya semua data yang sudah kita backup di Google Drive, dapat kita kembalikan lagi ke perangkat kita. Jadi kita tidak perlu takut kehilangan data dan dokumen yang terdapat di perangkat Android kita.
Ada banyak fitur yang ditawarkan Google Drive kepada kita, antara lain yaitu :

  • Dengan Google Drive, kita bisa menyimpan semua data di satu tempat, sehingga kita bisa mengaksesnya dari mana saja.
  • Upload file ke Google Drive langsung dari perangkat Android kita.
  • Berbagi file dengan orang lain yang ada di kontak kita.
  • Mencetak file yang tersimpan di Google Drive kita menggunakan Google Cloud Print.
  • Dapat mengakses file yang sudah kita Backup di Google Drive lansung dari perangkat Android kita.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kalian masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi ini, berikut akan saya uraikan Cara Menyimpan Data Di Google Drive Android :

  1. Download Google Drive untuk Android, install pada perangkat kalian, kemudian aktifkan.
  2. Setelah Diaktifkan, akan ada notifikasi Agreement untuk penggunaan Google Drive, pilih Accept untuk melanjutkan.
  3. Pilih Ok jika ada notifikasi lain, kemudian cloud storage akun kalian akan ditampilkan. Jika sebelumnya kalian pernah menggunakan GDocs, maka data kalian yang sebelumnya masih tersimpan, untuk melihatnya pilih My Drive.
  4. Untuk meng-upload data baru, pilih Menu kemudian New. Pada menu Create New, pilih opsi Upload. Setelah itu pilih data atau dokumen yang ingin kalian simpan, kemudian pilih Ok.
  5. Jika ada data yang ingin kalian share ke orang lain, klik Segitiga disebelah nama file, kemudian pilih Share. Setelah itu masukan email orang tersebut yang ingin kalian share pada jendela Add Collaborator.
Selamat mencoba..semoga bermanfaat...



10 komentar:

  1. Cara menyimpan d hp bb gi mana yae...bls=>dedi.setiawan.sma@gmail.com

    BalasHapus
  2. Sistem penggunaanya sama ga sama dropbox min?

    BalasHapus
  3. cara masukin data buat galaxy note # min,,mksih

    BalasHapus
  4. Berarti itu misalnya kalo kita mau nyimpen foto ke drive haaus satu satu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak juga bro, kan bisa ditandai dengan cara sentuh dan tahan pada item yang mau di simpan :)

      Hapus
  5. gan saya sudah simpan data di google drive pc tapi di hp nggak ada datanya, minta sarannya

    BalasHapus
  6. Kalau akun google yg dipakai di pc dan hp sama, harusnya data ada dan tersimpan di my drive (drive saya gan) kalau gk ada bisa jadi agan gagal upload :)

    BalasHapus
  7. Gimana ya cara buat back up data hp kita, tpi hp udh gk bisa dpke lgi layar nya cuman muncul logo nya doank, mohon petunjuk nya

    BalasHapus
  8. Kami juga ingin share ke teman-teman informasi bahwa Cloud Backup dari Microsoft Azure membantu perusahaan anda untuk melindungi data dari beberapa kemungkinan, seperti resiko kerusakan server dan kehilangan data.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  9. gmn cara mengambil file backup tsb untuk di pindahkan ke iphone gan?

    BalasHapus

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.