Cara Mengamankan Password Dari Pengguna Keylogger


Dalam dunia internet memang kita tidak pernah tau kapan dan bagaimana bahaya mengintai kita. Apalagi jika kita sering melakukan transaksi melalui media online. Seberapapun tingginya tingkat pengamanan sebuah situs, tetap saja masih ada celah untuk dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai pengguna tentu saja kita tidak mau dirugikan bukan oleh ulah para tangan jahil yang tidak bertanggung jawab itu?
Sekedar informasi, bahwa sekarang  banyak beredar software yang mampu merekam aktifitas dari hardware komputer kita. Salah satunya yaitu Keylogger.
Tahukah kalian apa itu keylogger? Mungkin diantara kalian ada yang sudah familiar dengan software yang satu ini. Atau malah ada juga yang tidak tahu menahu tentang software apa ini? Keylogger merupakan sebuah software yang sengaja dibuat untuk merekam kegiatanatau aktivitas dari keyboard user.
Lalu apakah software ini berbahaya? Dengan kemampuannya dalam merekam aktivitas dari keyboard tentu software ini dapat sangat berbahaya jika digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau berniat jahat. Software ini juga dapat mengenali form sensitif seperti form password, intinya pelaku bisa mengetahui password email, jejaring sosial, dan sebagainya menggunakan Keylogger. Mungkin hal ini tidak begitu bermasalah jika kita menggunakan komputer pribadi milik kita sendiri. Tapi akan lain ceritanya kalau kita sering menggunakan komputer masal seperti diwarnet untuk berinternet ria. Akun-akun kita diinternet dapat dengan mudah diambil alih orang lain dengan bantuan software ini.
Tulisan ini bukannya bermaksud melarang kalian untuk melakukan kegiatan internet di warnet ya. Karena sebenarnya ada beberapa cara untuk menghindari Keylogger. Jadi kalian bisa tenang saat melakukan transaksi atau membuka akun email, jejaring sosial atau yang lainnya tanpa perlu takut password kalian dibajak menggunakan keylogger.
Berikut beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk menghindari serangan Keylogger :
  1. Gunakan password dengan karakter spesial.
    Jika situs yang kalian buka mengijinkan penggunaan karakter spesial untuk password, tidak ada salahnya kalian menggunakan karakter-karakter spesial tersebut dalam password kalian. Yang dimaksud dengan karakter spesial adalah &, @, #, $, %, dan sebagainya. Biasanya Keylogger mengabaikan karakter kata seperti itu, sehingga si pemasang Keylogger tidak akan mendapatkan password kalian yang sebenarnya.
  2. Persiapkan password di notepad.
    Jika kalian sering menggunakan komputer masal (bukan komputer/laptop pribadi) untuk melakukan aktivitas internet, ada baiknya jika sebelumnya kalian mempersiapkan password yang biasa kalian pakai terlebih dahulu dalam sebuah notepad yang bisa kalian simpan di memori flash seperti flashdisk. Jadi jika kalian ingin menggunakan password kalian tinggal melakukan copy-paste. Karena Keylogger hanya bisa membaca password bedasarkan ketikan di keyboard, tentu password kita tidak akan bisa terbaca oleh keylogger karena kita memang tidak menggunakan keyboard untuk mengisi password.
Begitulah kira-kira cara sederhana yang bisa kalian gunakan untuk mengamankan password kalian dari para pengguna keylogger. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

0 komentar

Post a Comment

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.