Posted by : Tyo Vana Jumat, 12 Juli 2013


Mungkin anda belum tahu kalau data dalam sebuah CD bisa dihapus. Ya, data dalam sebuah CD bisa dibersihkan layaknya sebuah flashdisk yang bisa dihapus terus diisi lagi dengan data yang baru. Namun untuk melakukan semua ini kita membutuhkan bantuan sebuah software tentunya. Selain itu kita juga harus memiliki CD-RW pada komputer kita.
Memang tidak semua jenis CD bisa dihapus data didalamnya. Biasanya CD yang bisa dihapus terus diisi lagi dengan file yang baru adalah CD yang bertuliskan CD-RW pada bagian labelnya.
Seperti yang sudah saya katakan diatas kita membutuhkan bantuan sebuah software untuk melakukan hal ini. Dan software tersebut adalah NERO. Software ini biasanya digunakan untuk menuliskan data pada sebuah CD atau DVD. Jika anda sudah memiliki software ini berikut langkah-langkah untuk menghapus data dalam sebuah CD:

  1. Buka aplikasi Nero yang telah anda instal.
  2. Masukan CD yang ingin anda bersihkan isinya kedalam CD-RW komputer anda.
  3. Pilih menu Extras, kemudian pilih Erase CD.
  4. Pada option: select the erase method to be used. Pilih quick-erase rewritabledisc.
  5. Klik Erase dan tunggu sampai proses selesai.
  6. CD anda siap diisi dengan data yang baru.
Anda bisa menggunakan trik ini berulang kali asalkan anda mampu menjaga agan CD yang anda miliki tidak rusak sehingga anda bisa menggunakan CD tersebut layaknya sebuah flashdisk meski agak ribet.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Sama sekali KAGAK BERHASIL gan, sampe otak gw muter berfikir cara ngehapus file2 di dalam kaset cd menggunakan software nero startsmart, tetep aza gag berhasil. Malah gw musti ngebackup file pakek windows media player, dan sayangnya file lagu yg bs dibackup cuman bs muat 18 file lagu, padahal gw pengennya ratusan file-file. Sekarang kaset cd kosong gw udah terisi file2 lagu yg udah dibackup. Gw pengen ngehapusnya lagi tp sama sekali kagak bisa termasuk pakek software nero startsmart.

    BalasHapus
  2. Kak mau nanya, pas mau hapus file udh coba banyak software. Tp kok cd nya gabisa dihapus ya? Padahal cd-rw. Padahal cd blm ada isinya pas mau di isi katanya 'masukkan cd kosong. Padahal cdnya masih asli kosong, cara ngembaliinnya gmn ya? Biar bisa di isi file lagi

    BalasHapus

- Gunakanlah kolom komentar dengan bijak.
- Biasakan menggunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
- Blog ini tidak menggunakan moderasi dalam kolom komentar, namun admin memiliki hak untuk menghapus komentar jika komentar tidak sesuai dengan norma yang ada.

Welcome to My Blog

Popular Post

Tulisan Terbaru

Ikuti Blog Ini

Google+ Followers

Blog Terkait

- Copyright © TRICK INI BLOG -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -